Kamis, 06 Juni 2013

Awas, Jumat (7/6/2013) Hari Terakhir Pendaftaran SBMPTN


Bagi lulusan SMA sederajat yang masih bermimpi ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri lewat jalur ujian tulis masih ada waktu untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013. Ayo buruan, pendaftaran SBMPTN masih dibuka hingga Jumat (7/6/2013) mendatang.

Animo calon mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi melalui SBMPTN tahun 2013 cukup tinggi. Hingga Selasa (4/6/2013) jumlah calon mahasiswa yang mendaftar SBMPTN 2013 melalui Panitia Lokal 42 SBMPTN Semarang mencapai 19.613 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.474 orang memilih Sains dan Teknologi (Saintek), 8.477 memilih Sosial Humaniora (Soshum), dan 3.662 orang memilih campuran.  Panitia memperkirakan jumlah pendaftar lewat jalur seleksi ini bisa mencapai 25.000 orang.


Akhmaloka, Ketua Umum SBMPTN 2013, mengatakan, pendaftaran daring (online) hingga 7 Juni lewat laman www.ujian.sbmptn.or.id. Pendaftaran terbuka bagi lulusan SMA sederajat tahun 2011, 2012, dan 2013.

Pembayaran dilakukan lewat Bank Mandiri, baik di bank cabang, ATM, maupun internet. Jika tidak ada Bank Mandiri, pendaftaran bisa lewat kantor pos ataupun ATM bersama.

Pendaftar yang tak terdaftar di SNMPTN 2013 memperoleh kode akses pendaftaran dan PIN. Adapun yang terdaftar di SNMPTN hanya mendapat PIN.

Pada jalur SBMPTN, pemerintah menggratiskan biaya pendaftaran calon mahasiswa tidak mampu yang mendaftar di Bidikmisi. Pendaftar lain ada biaya Rp 175.000 untuk kelompok sains dan teknologi, sosial, dan humaniora. Adapun kelompok ujian campuran Rp 200.000.

Peserta yang ikut ujian keterampilan ada tambahan Rp 150.000 untuk tiap jenis. Ini khusus bagi peminat olahraga/seni.


Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Humas Universitas Diponegoro, Agus Naryoso, mengingatkan kepada para pendaftar yang baru mendaftar pada hari-hari terakhir, ketika mendaftar secara online, sebaiknya melakukan log in pada malam hari, agar tidak mengalami kesulitan. "Pendaftar sebaiknya tidak masuk pada jam-jam sibuk yaitu jam 09.00 sampai jam14.00 WIB atau pada jam 18.00 WIB sampai jam 20.00 WIB. Sebaiknya para pendaftar melakukan log in di jam 24.00 WIB sampai menjelang subuh," jelasnya.


Biasanya pada akhir pendaftaran jumlah pendaftar mengalami lonjakan sehingga akan mempengaruhi kecepatan untuk log in di website. Oleh karena itu, jika mengalami kesulitan para siswa yang mendaftar SBMPTN disarankan bisa langsung datang di gedung LP2MP Undip di Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Saat pelaksanaan ujian SBMPTN pada tanggal 18-19 Juni 2013, para peserta ujian diminta cermat mengisi nomor kode soal dan nomor peserta ujian. Pengisian nomor yang salah akan merugikan peserta sendiri. Karena alat pendeteksi lembar jawaban ujian tidak akan bisa membacanya dan itu akan merugikan dirinya sendiri.

Peserta ujian juga diminta memperhatikan lokasi ujian jangan sampai keliru. Peserta sebaiknya mengecek lokasi ujian sehari sebelum tes. Untuk memudahkan menemukan lokasi tes panitia akan membantu lewat GPS yang bisa diakses di www.undip.ac.id.

Sedangkan tempat ujian yang akan digunakan dalam ujian SBMPTN nanti akan menggunakan tiga tempat yaitu untuk pilihan Sain dan Teknologi (Saintek) tempatnya di Universitas Negeri Semarang (Unnes), untuk pilihan Sosial Humaniora (Soshum) di Universitas Diponegoro, dan untuk pilihan Campuran tempat tesnya di kampus IAIN Walisongo Semarang. Nah, masih tertarik untuk mendaftar?




0 komentar:

Posting Komentar

DID YOU KNOW?

Visit Yogyakarta / Jogja